Komik Sweet Recipe; Mari masak nasi yang enak

Satu lagi nih, komik asal Korea (만화 read:manhwa) karya Yun E-Hyeon (윤이현)

.. Judulnya Sweet Recipe (스위트 레시피).


Ceritanya tentang seorang Yumi mimpi yang bermimpi menjadi seorang kartunis. Saat orang tuanya bepergian ke luar negeri, Mimi mencuri uang orang tuanya untuk menyewa sebuah apartemen mewah dan ia tinggal sendiri di apartemen tersebut. Sisanya digunakan untuk biaya kehidupannya. Untuk beberapa saat, Mimi hidup dengan mewah. Tetapi akhirnya, disaat uangnya hampir habis, Mimi memutuskan untuk meminta uang bulanan kepada ayahnya, tetapi dengan tegas, orang tua menolak dan hanya meemberi 400.000 won per bulan untuk biaya hidup. Kehidupan prihatin Mimi dimulai. Ia hanya makan mi instan sepanjang hari. Untungnya, tetangga sebelah apartement Mimi, Jiu, adalah lelaki yang sangat pandai memesak. Maka, Jiu pun mengajarkan cara memesak kepada Mimi.
 translated by tita from blogdaum

만화가를 꿈꾸는 유미미는 부모님이 해외여행을 간 사이 어머니가 저축해 둔 자신의 혼수 자금을 훔쳐 무작정 상경한다. 그녀는 그 돈으로 고급 원룸을 전세로 얻고 남은 돈을 옷 사고 맛있는 것 먹는데 흥청망청 써버린다. 돈이 다 떨어지자 다시 집에 손을 벌리지만 부모님은 단호하게 거절하고 한 달에 생활비 40만원씩만 보내주겠다고 한다. 매일 컵라면만 먹던 미미는 제대로 된 밥을 먹고자 밥 짓기에 도전하지만 평생 손에 물 한 방울 안 묻혀 본 공주님이 밥을 제대로 할 리가 없었다. 이 때 옆집에 사는 지우가 미미에게 밥 짓는 법은 물론 요리의 기초를 자세히 가르쳐준다. 처음에는 재수 없다고 생각했던 지우지만 조금씩 미미는 지우에게 마음을 빼앗긴다.
by  김상하 @blogdaum


Resep 1; Nasi Super Lezat!!

Memasak nasi dengan dandang Presto
1. Pertama-tama, cuci dulu berasnya sebanyak 3-4 kali.
Saat mencuci beras, air cucian yang pertama mengandung ampas dan berbau, jadi harus langsung dibilas. Sambil dicuci, remas beras dengan lembut, ingat! Ngak perlu pakai tenaga..

2. Lalu beras direndam. Jangan terlalu lama. Cukup 30 menit – 1 jam. Karena, selain butiran beras bisa hancur, berasnya bisa jadi bau, sehingga rasanya jadi nggak enak.

3. Setelah direndam, pertama-tama buang air rendaman beras, lalu tuangkan air yang baru. Takarannya adalah tinggi air beranjak 1,2 – 1,5 dari batas berasnya.
Kalau nggak bisa mengira-ngira jaraknya, celupkan punggung telapak tangan diatas beras. Kalau setengah punggung telapak tangan sudah terendam air, berarti sudah cukup.
 Dari tta: oh iya, kata mamaku, beras Indonesia biasanya kalau direndam trus air rendamannya dibuang, bisa ngilangin banyak kandungan penting yang seharusnya kita dapat dari beras itu. Jadi,, air rendaman yang tadi, nggak dibuang juga enggak apa-apa. Pastikan takarannya pas sebelum dibiarkan selama 30 menit – 1 jam (tersebut diatas), kemudian setelah merendam, langsung dimasak. Yang begini hasilnya juga lumayan. Sudah saya coba ^__^

4. Sekarang, tinggal masukkan beras ke dalam dandang. Tutup, lalu masak.
Pertama, nasi dimasak dengan api besar. Kalau dandang sudah berbunyi mendesisi, dan penulumnya memutar, kecilkan apinya ke api sedang.
Kalau bunyinya jadi semakin nyaring, kecilkan lagi apinya ke api kecil. Kalau suaranya jadi lebih pelan, matikan api.

5. Setelah 10 menit, uapnya akan keluar. Kalau memasak nasi dalam jumlah banyak, sebaiknya api dimatikan saat penulum memutar kencang.
Kemudian, sebelum tutupnya dibuka, angkat penulumnya, biarkan sampai upanya benar-benar hilang, baru nasi boleh diangkat.

Tips dari Jiu
1. Menakar Beras.
Kalau nggak bisa mengira-ngira porsi beras, gunakan saja mangkuk nasi. Satu mangkuk beras cukup untuk dua porsi nasi.
Kalau ada rice cooker, sudah ada indikator pengukurnya! Jadi lebih gampang!!

2. Mengatasi nasi yang bau gosong.
Letakkan centong kayu, atau tutup mangkok kayu di atas nasi, kemudian taruh 1 atau 2 arang di atasnya, tutup kembali pancinya. Setelah dibiarkan beberapa saat, bau gosong pada nasi akan hilang.

Pengetahuan mini Mimi
1. Manfaat air cucian beras...
Air cucian beras ternyata banyak manfaatnya lho! Jadi, jangan buru-buru dibuang.
Wadah plastik kedap udara bekas menyimpan makanan berbau tajam seperti kimchi (kalau disini mungkin seperti rendang –bukan kimchi yang seperti rendang, tapi makanan berminyak seperti itu-) atau makanan berminyak. Biasanya baunya jadi susah hilang walaupun sudah dicuci. Nah, cara mengatasinya adalah dengan memasukkan air bekas cucian beras kedalam wadah plastik tersebut hingga penuh. Biarkan selama kira-kira 30 menit. Lalu, gosokkan seluruh permukaan wadah plastik dengan seksama menggunakan spons. Maka, baunya akan hilang.
Bau yang disebabkan oleh udara lembab, bila dicuci dengan air cucian beras, lembabnya akan hilang.
Air cucian beras juga menjadi pupuk yang sangat bagus bila dipakai untuk menyiram tanaman atau pot bunga.

Dari Jiu... Air cucian beras juga cocok dipakai untuk memasak sup tauco atau sayuran lainnya.

2. Gula pasir untuk kimbab di musim dingin!!
Cuaca yang semakin dingin menyebabkan nasi jadi cepat mengeras sewaktu membuat kimbab. Hal ini dapat mengurangi cita rasa kimbab. Cara mengatasinya yaitu dengan menambahkan sedikit gula pasir kedalam nasi. Dengan centong kayu, mulailah mengaduk perlahan-lahan dari arah luar ke tengah sampai tercampur rata!

Resep Sederhana Mimi
Nasi yang sudah dingin, walaupun tidak enak dimakan, kalau dibuang sayang, kan? Sekarang, mari kita buat Pizza Nasi
Bahan-bahan:
• Nasi yang sudah dingin
• Sisa lauk-pauk yang ada
• Bawang bombay
• Kentang
• Paprika hijau
• Keju mozarella
• Saus tomat
• Minyak sayur
• Sedikit garam
Let’s start!!
1. Paprika hijau, bawang bombay, kentang dan bahan lainnya dipotong kecil-kecil
2. Tuang sedikit minyak sayur dalam wajan anti lengket. Masukkan bahan-bahan yang sudah dipotong, taburi sedikit garam. Tumis sebentar dan angkat. (Jangan sampai keasinan, lho!!)
3. Tuang sedikit minyak sayur dalam wajan anti lengket. Masukkan nasi, ratakan keseluruh permukaan wajan tipis-tipis. Masukkan lauk-pauk dan tumisan tadi diatas nasi (banyaknya dikira-kira, ya. Sesuai selera kalian )
4. Taburkan irisan tipis keju mozarella di atasnya, tuangkan saus tomat, lalu kecilkan api.
5. Kalau keju mozarellanya sudah meleleh dan tercium aroma gurih, tandanya sudah matang 

Sekarang, mari kita coba buat Bola-bola nasi..
Kata Mimi, resep kali ini adalah masakan yang sudah di-upgrade! ^^ Bahan-bahannya saja unik, lho! ;)
Bahan-bahan:
• Nasi yang sudah dingin 2 mangkuk
• Jagung manis kalengan 100 g
• Garam ½ sendok kecil
• Telur ayam 2 butir
• Tepung kanji 6 sendok besar
• Corn syrup ½ gelas
• Gula pasir 2 sendok besar
• Minyak sayur secukupnya
Let’s start
1. Tiriskan dan keringkan jagung manis
2. Campurkan nasi dingin dengan jagung manis, garam dan telur hingga rata. Masukkan tepung, aduk hingga rata.
3. Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan diameter kira-kira 2 cm. Goreng dalam minyak bersuhu 170C hingga kuning kecoklatan. Didihkan sebentar corn syrup dan gula pasir. Gulingkan bola-bola goreng di atasnya. Selesai!!

Catatan Mimi
 Nasi dingin lebih sulit melekat satu sama lain dibandingkan nasi hangat. Kalian bisa menghangatkannya sebentar menggunakan microwave atau melekatkannya dengan menggunakan telur.
 Kalau ingin membuat dengan porsi yang agak banyak, masukkan setiap porsinya kedalam plastik kemasan, dan simpan di dalam freezer. Saat mau dimakan tinggal dipanaskan didalam freezer.
 Cara menakar sederhana:
☆ 1 sendok besar = 1 sendok makan
☆ 1 sendok kecil = 1 sendok teh
☆ 100 g = 13 sendok makan
☆ 150 g = kira-kia 1 gelas kertas

Comments

Post a Comment

Popular Posts