Diary Ramadhan ; Karakter dasar negatif manusia

Kultum Review from Masjid Raya Mujahidin Pontianak
11 Ramadhan

Setiap manusia memiliki karakter dasar negatif yang bila tidak dapat dikendalikan, maka akan membuat kita semakin dekat dengan sikap-sikap Iblis. Saya tidak akan mengulang cerita tentang bagaimana Iblis tidak mematuhi perintah اَللّه yang kemudian membuatnya menjadi 'Iblis'.
Namun dapat dikatakan bahwa pengingkaran yang dilakuan Iblis dikarenakan kesombongannya. Ada 3 faktor penyebab kesombongan iblis:
1. Iblis makhluk اَللّه yg berilmu
2. Usia.
3. Nasab (keturunan). Iblis merasa ia tercipta lebih mulia dari pada manusia yg notabene terbuat dari tanah.

Sementara iblis memiliki 3 faktor yang membuatnya sombong, manusia lebih banyak lagi. Selain 3 faktor yg sama seperti pada iblis, terdapat 3 lagi faktor lainya:
4. Harta
5. Kekuasaan/ jabatan
6. Rupawan

Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa manusia lebih berpotensial menjadi sombong. Hal ini karena manusia lebih menilai segala sesuatu dari segi rationalists-nya. Maka dari itu, mari, untuk memperbaiki diri, marilah sering-sering kita berdialog dengan suara hati kita. Karena hati sesungguhnya adalah sahabat terbaik. Suara hati adalah yang paling jujur dan rendah diri. Ramadhan sendiri merupakan momen yang tepat untuk mengembalikan potensial kekuatan suara hati.

Comments

Popular Posts